Arahan Dekan Faperta terkait Perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021

//Arahan Dekan Faperta terkait Perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021

Arahan Dekan Faperta terkait Perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021

Kepada: MAHASISWA Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

Mahasiswa Fakultas Pertanian sekalian

Saat ini kita tengah dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19 yang merubah hampir semua tatanan kehidupan, termasuk proses pembelajaran di sekolah dan perguruan tinggi. Universitas Bengkulu telah mengambil beberapa langkah terkait hal ini, mulai masa awal pandemi Bulan Maret 2020 lalu. Untuk perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021, perkuliahan di Universitas Bengkulu dilaksanakan secara daring (online). Perkuliahan semester depan ini juga menginginkan mahasiswa dapat belajar secara mandiri, dengan panduan dari dosen pengasuh. Pelaksanaan perkuliahan pada Semester Ganjil 2020/2021 mengacu kepada Surat Edaran Rektor No 6864/UN30/HK/2020 tentang Masa Transisi dalam Rangka Persiapan untuk Pelaksanaan Kegiatan Administrasi dan Akademik pada Era Tatanan Normal Baru (New Normal) di Universitas Bengkulu, dan Surat Dekan 1651/UN30.11/EP/2020 Pelaksanaan Perkuliahan dan Aktivitas Akademik Semester Ganjil 2020/2021.

Terkait perkuliahan pada Semester Ganjil ini, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Perkuliahan dimulai pada 14 September 2020. Terkait jadwal akademik lainnya dapat mengacu kepada Surat Rektor nomor 8017/UN30/EP/2020 tentang Perubahan Jadwal Akademik.
  2. Perkuliahan pada Semester Ganjil 2020/2021 akan dilaksanakan denganjarak jauh secara DARING, dan juga secara MANDIRI TERSTRUKTUR.

Karena itu, mahasiswa harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Masa ini adalah masa yang berat bagi kita semua. Namun, jika masa berat ini kita jadikan sebagai bagian pembelajaran dalam kehidupan, maka kita akan mendapatkan hasil dalam bentuk peningkatan kapasitas sebagai mahasiswa pembelajar.

Para mahasiswa Fakultas Pertanian sekalian, siapkan diri kalian dan gunakan waktu sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghadapi semester ganjil ini, yakni:

  1. Sebagian besar dosen akan menggunakan platform e-learning UNIB (unib.ac.id) untuk menunjang pembelajaran daring. Pelajari baik-baik platform e-learning UNIB tersebut. Jika Anda belum memiliki akun e-learning UNIB, silakan mengakses laman https://elearning.unib.ac.id/login/index.php.Jika anda mengalami masalah terkait akun e-learning, silakan melihat laman https://elearning.unib.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=1705 untuk mendapatkan bantuan. Penggunaan aplikasi video conferencing juga dimungkinkan, namun hanya sekitar maksimal 30% dari pertemuan dan memperhatikan kondisi dan beban koneksi mahasiswa. Mahasiswa perlu meningkatkan juga digital literacy terhadap berbagai platform online.
  2. Teruslah pantau informasi dan komunikasi yang beredar di lingkungan Jurusan/Prodi dan Fakultas. Pastikan anda masuk ke dalam grup-grup kelas mata kuliah yang dibentuk Jurusan/Prodi atau dosen. Pastikan anda selalu terhubung dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Sebagai bagian dari karakter sikap, selalu jaga etika berkomunikasi dalam grup pembelajaran, baik terhadap dosen maupun sesama mahasiswa.
  3. Tingkatkan kemampuan untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai sumber daya yang ada. Pelajari materi dan bahan ajar yang diberikan dosen. Namun, jangan berhenti sampai di situ, gunakan sumberdaya lain yang ada. Saat ini sangat banyak materi pembelajaran yang tersedia secara online untuk menjadi bahan-bahan pendukung pembelajaran, baik bahan bacaan ataupun media audio-visual.
  4. Buat schedule dan rencanakan proses pembelajaran. Kemampuan membuat rencana adalah soft-skillsyang sangat baik untuk ditingkatkan. Dengan membuat perencanaan yang baik, kemungkinan mendapatkan hasil yang baik akan lebih besar. Jika memungkinkan, bentuk kelompok belajar sendiri bersama teman-temannya untuk belajar secara daring.
  5. Tingkatkan terus motivasi untuk meningkatkan pengetahuan  dan tumbuhkan kemampuan untuk mengembangkan berpikir secara kritis. Berpikir kritis akan membuat kita haus akan peningkatan pengetahuan.
  6. Dalam kondisi saat ini mari menjadi MAHASISWA PEMBELAJAR dan ADAPTIF terhadap kondisi. Saat ini perubahan terjadi secara cepat. Orang-orang sukses saat ini dan masa depan adalah orang-orang yang mampu terus belajar memahami kondisi yang ada dan kemudian meningkatkan kemampuan untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Menjadi mahasiswa adalah saat yang tepat mengasah itu semua.

Sekali lagi, saat ini adalah saat yang berat untuk kita semua. Namun, kita harus yakin dapat melalui bersama-sama. Universitas Bengkulu, Fakultas Pertanian, Jurusan dan Prodi, serta semua dosen akan berusaha sebaik-baiknya dalam melaksanakan perkuliahan Semester Ganjil ini. Alokasi untuk mendukung pembelajaran daring juga disiapkan dari Kementerian dan Universitas. Karena itu, kita berharap semuanya dapat berjalan dengan baik.

Sebagai bagian dari pelayanan, jika ada keluhan, kritik, saran dan masukan terhadap perkuliahan, dapat ditujukan ke Bagian Akademik Fakultas Pertanian di no WA 082213675154 pada jam dan hari kerja. Untuk update informasi terkait kemahasiswaan, silakan bergabung ke grup Telegram t.me/fapertaunib. Fakultas Pertanian berkomitmen memberikan layanan sebaik-baiknya bagi para mahasiswa.

Semoga semua usaha kita ini membuahkan hasil yang baik dan diridhoi oleh Allah SWT.

 

Dekan

Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, M.S

NIP 19631114 198803 2 012

 

 

By | 2020-09-05T11:35:16+07:00 September 5th, 2020|Categories: Berita|0 Comments